Perkara Warga Karang Menggah, Tergugat Berharap Pengadilan Perhatikan Kompetensi Absolut

    Perkara Warga Karang Menggah, Tergugat Berharap Pengadilan Perhatikan Kompetensi Absolut
    Tim Kuasa Hukum Achmad Rochim dari Mahapatih Law Office, Andi Rachmanto, S.H, Sandi Budiono, S.H dan Yanuar Ade Waluyo, S.H.

    Pasuruan - Soal Perkara gugatan atas obyek tanah yang sebelumnya diklaim pihak penggugat, Hasyim Wijaya dan kawan - kawan, bahwa, tanah tersebut masih ada haknya selaku salah satu ahli waris dengan nomor register: 28/Pdt.G/2021/PN Bil, kini memasuki tahapan jawaban oleh pihak tergugat dalam hal ini Achmad Rochim.

    Saat ditemui dikediamannya Achmad Rochim, warga Desa Karang Menggah, Kecamatan Wonorejo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, yang saat itu didampingi Tim Kuasa Hukum dari Maha Patih Law Office menyampaikan, bahwasanya, perkara ini merupakan buntut dari pencoretan sepihak tanah Leter C persil, dengan nomor 51 atas nama tergugat pihak Desa Karangmengah.

    Yang mana atas kejadian tersebut, pihak Achmad Rochim mengadukan ke Polres Bangil, tertanggal 30 November 2020, dan pihak Hasyim Wijaya menggugat ke Pengadilan Negeri Bangil, yang mana gugatan tersebut pernah dicabut dan dilakukan lagi. "Sebelum berbicara kedalam pokok perkara, kami selaku kuasa hukum Achmad Rochim menghargai gugatan para penggugat.

    Yang mana apabila kita cermati dari beruntutan kronologis dan materi gugatan, kami berharap bahwasanya selain memperhatikan terkait Rechtsverwerking (Kadaluwarsanya upaya hukum atas penguasaan suatu obyek tanah), semoga pengadilan juga turut memperhatikan 'Kompetensi Absolut'nya, karena hal tersebut yang ada didalam eksepsi kami, " tegas Andi Rachmanto, S.H kepada awak media, Jumat (27/8/2021).

    Senada hal tersebut diatas, Sandi Budiono, S.H dan Yanuar Ade Waluyo, S.H juga menyampaikan, hendaknya masyarakat memahami betul terkait pokok-pokok perkara dalam masalah tanah, khususnya dalam hal ini yang berkaitan dengan obyek waris, baik yang sudah terjadi pemindahan hak melalui hibah maupun jual beli. "Kembali lagi bahwasanya penyalahgunaan wewenang serta jabatan, di kala itu tanpa didasari oleh alasan yang jelas adalah sebuah pelanggaran hukum. Yang perlu dicermati ditambah lagi, bahwasanya pihak penggugat yang kala itu pernah mengajukan gugatan pada bulan April 2021, dengan nomor perkara: 20/Pdt.G/2021/PN Bil dan dicabut pada tanggal 10 Mei 2021 lalu itu terkesan sangat terburu-buru, atau premature, " ungkap Sandi Budiono, S.H dan juga Yanuar Ade Waluyo yang juga sebagai Tim Kuasa Hukum tergugat.

    Sementara itu pihak Pengadilan Negeri Bangil melalui Humas, saat dikonfirmasi terkait perkara ini mengatakan, kalau dirinya masih ada Diklat. "Waalaikumsalam.....mau menanyakan apa..? saya lagi Diklat, " kata Humas melalui aplikasi pesan singkat WhatsApp. "Agar lebih jelas ke kantor saja pak, " tutup Humas Pengadilan Negeri Bangil, Jumat (27/8/2021).

    Saat ditanya kapan awak media bisa ke kantor, pihak Humas Pengadilan Negeri Bangil belum memberi jawaban. Perlu diketahui, langkah upaya hukum merupakan hak dari semua masyarakat. Namun akan tetapi, hendaknya semua memahami akan maksud serta tujuan didalam berperkara.

    Untuk itu, hukum tercipta guna terciptanya keadilan didalam hidup bermasyarakat, baik berdasarkan unsur-unsur kearifan lokal maupun unsur keadilan itu sendiri. (Bersambung). (W@hyudi)

    Pasuruan Jawa Timur
    Wahyudi Arif Firmanto

    Wahyudi Arif Firmanto

    Artikel Berikutnya

    Pangdivif 2 Kostrad Pimpin Acara Tradisi...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Syafruddin Adi verified

    Afrizal

    Afrizal verified

    Postingan Bulan ini: 344

    Postingan Tahun ini: 1557

    Registered: May 24, 2021

    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono verified

    Postingan Bulan ini: 332

    Postingan Tahun ini: 2144

    Registered: Jul 16, 2020

    Basory W

    Basory W verified

    Postingan Bulan ini: 193

    Postingan Tahun ini: 652

    Registered: Oct 11, 2021

    Maskuri

    Maskuri

    Postingan Bulan ini: 185

    Postingan Tahun ini: 292

    Registered: Mar 9, 2022

    Profle

    Agus Subekti verified

    Pasca Pedagang Mie Tewas Tersambar Petir, BPBD Kabupaten Tangerang Imbau Masyarakat Tidak Keluar Rumah Saat Hujan Disertai Petir
    Halal Bi Halal KKDB di Claro Makassar, Suardi Saleh: Terus Memberikan Kontribusi Terhadap Pembangunan dan Kemajuan Daerah Barru
    Kadis Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu Sikapi Dan Tanggap Informasi Hipatitis Akut Yang Mematikan, LPA Kabupaten Labuhanbatu Koordinasi Dan Apresiasi
    Dosen FMIPA UNP Ikuti Workshop Penyusunan Proposal Penelitian Bertajuk Strategi Memenangkan Hibah Proposal Berorientasi Ilmiah Internasional Bereputasi

    Follow Us

    Recommended Posts

    Eka Wardhana: Pasca Pandemi, Pemkot Bogor Perlu Genjot Pemulihan Ekonomi Warga
    Pastikan RTLH Terpenuhi, Dadang Iskandar Soroti Pemerataan Pembangunan
    Satreskrim Polres Kota Batu Berhasil Tangkap Pelaku Pembuang Bayi di Songgoriti
    Waspada DBD, Jenal Muttaqin Dorong Kota Bogor Prioritaskan Penambahan Puskesmas
    Gelar Parade Kemenangan Atlet Sea Games, Kapolri Fokus Kembangkan Olahraga Sepeda Indonesia